1 Jan 2009

Antara Tahun Baru Hijriyah dan Tahun Baru Masehi

Tahun baru islam dan tahun baru masehi tahun ini, hampir bersamaan, Tahun Baru Hijriyah yang jatuh pada tanggal 29 Desember 2008, berselang 2 hari dengan tahun baru masehi 2009.

Orang Indonesia yang sebagian besar beragama islam ( sekitar 80% lebih )tetapi kemeriahan untuk merayakan tahun barunya (islam) kalah bersaing dengan tahun baru masehi. Perayaan tahun baru hijriyah ini, sama dengan perayaan tahun baru jawa, yaitu jika islam menyebutnya 1 Muharram di jawa sama dengan 1 Syura. Banyak tradisi yang dilaksanakan pada 1 Syura ini, mulai dari larung sesaji ke laut sampai hal-hal klenik lainnya.

Mengapa Tahun baru masehi lebih populer dikalangan kita dibanding tahun Hijriyah? Saat kita lahir sudah dikenalkan dengan nama-nama bulan di tahun masehi,nama-nama hari di tahun masehi. Kita harus sering mengunakan Kalender kita, agama islam, dengan kalender hijriyah, kita ganti hari minggu dengan hari ahad, dan sebagainya
Setelah wafatnya Nabi Muhammad, diusulkan kapan dimulainya Tahun 1 Kalender Islam. Ada yang mengusulkan adalah tahun kelahiran Muhammad sebagai awal patokan penanggalan Islam. Ada yang mengusulkan pula awal patokan penanggalan Islam adalah tahun wafatnya Nabi Muhammad.

Akhirnya, pada tahun 638 M (17 H), khalifah Umar bin Khatab menetapkan awal patokan penanggalan Islam adalah tahun dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Penentuan awal patokan ini dilakukan setelah menghilangkan seluruh bulan-bulan tambahan (interkalasi) dalam periode 9 tahun. Tanggal 1 Muharam Tahun 1 Hijriah bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622, dan tanggal ini bukan berarti tanggal hijrahnya Nabi Muhammad. Peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad terjadi bulan September 622. Dokumen tertua yang menggunakan sistem Kalender Hijriah adalah papirus di Mesir pada tahun 22 H, PERF 558.
wikipedia

Awal tahun Masehi merujuk kepada tahun yang dianggap sebagai tahun kelahiran Nabi Isa Al-Masih karena itu kalender ini dinamakan Masihiyah atau Yesus dari Nazaret. Kebalikannya, istilah Sebelum Masehi (SM) merujuk pada masa sebelum tahun tersebut. Sebagian besar orang non-Kristen biasanya mempergunakan singkatan M dan SM ini tanpa merujuk kepada konotasi Kristen tersebut. Sistem penanggalan yang merujuk pada awal tahun Masehi ini mulai diadopsi di Eropa Barat selama abad ke-8.

Meskipun tahun 1 dianggap sebagai tahun kelahiran Yesus, namun bukti-bukti historis terlalu sedikit untuk mendukung hal tersebut [1]. Para ahli menanggali kelahiran Yesus secara bermacam-macam, dari 18 SM hingga 7 SM.
wikipedia

Artikel Terkait

Antara Tahun Baru Hijriyah dan Tahun Baru Masehi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email