Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengintip Dibalik Pembuatan Search Engine

Kita sangat akrab sekali dengan search engine, saat kita butuh bantuan untuk mencari sesuatu kita selalu menggunakan search engine, atau dalam bahasa Indonesia di sebut mesin pencari. Ini bukan rahasia, yang kita tidak harus mengintipnya, tetapi bisa bebas kita lihat. [Kayak orang mandi aja, kita intip :O]

Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang dimasukkan pengunjung.

Itulah sedikit Pengetahuan tentang dibalik search engine yang saya peroleh dari prowebpro. Nah sekarang kita akan belajar untuk membuat search engine sederhana untuk blog kita, walau sebenarnya Blogger sendiri sudah menyediakan gadget "Kotak Penelusuran". Kita akan belajar mandiri untuk membuat Search Engine yang akan mencari keyword hanya di blog kita.

Cara membuat search engine
1. Login Ke Blogger
2. Pilih Tata Letak dan kemudian Tambah gadget
3. Pilih HTML/JavaScript
4. Masukan kode HTML berikut ini

<form action="http://NAMABLOG.blogspot.com/search" method="get"><input class="textinput" name="q" size="20" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>

5. Ganti NAMABLOG dengan nama blog kamu sendiri (URL) dan 20 adalah lebar kotak search engine, kamu dapat menyesuaikannya sendiri.
6. Simpan Kalau sudah beres.