Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Widget Flickr

Tampilan dari roytank.com
untuk membuat widget flickr
Kemarin saya sempat cari di flickr, mencari widgetnya yang bisa saya pasang di blog saya. Karena blognya itu ada di blogdetik tidak ada pilihan menampilkan foto dari flickr. Kalau yang di blogger.com kita bisa menambahkan slide dengan pilih album dari flickr dan memasukkan username kita, dan kalau di wordpress kita bisa menambahkan widget untuk menampilkan foto-foto kita di flickr dengan memasukkan URL FEED flickr milik kita.

Flickr sebagai situs berbagi foto, sangat saya suka. Karena fokus pada menyimpan dan berbagi foto. Komunitasnya sudah sangat solid, banyak fotografer profesional mengupload hasil karyanya di sana. Sebagai situs berbagi foto saya juga menjadikan flickr sebagai blog foto, ada fasilitas untuk membuat album, menandai (tag) teman, dan juga memberikan info lokasi foto kita.

Cara Membuat Widget Filckr
1. Langsung saja menuju http://www.roytanck.com/get-my-flickr-widget/ karena generator pembuatnya ada di sana, tampilannya seperti gambar diatas.
2. Masukkan URL FEED flickr photostream milik kita. Bisa dilihat gambar dibawah ini untuk melihat URL FEED flickr kita, langsung saja menuju photostream kamu (misal: http://www.flickr.com/photos/kurniasepta)
klik icon feed yang ditunjukkan panah merah
inilah URL FEED flickr milik kita
3. Kita Pilih width (lebar), height (tinggi) dan backgroud yang kita inginkan.
4. Setelah itu generate code snippet, maka akan muncul preview dan kode html wigget flickr kita.
5. Dan jika sudah sesuai kita tinggal mencopy (menambahkan) kode tersebut di blog kita.

Widget yang kita buat ini adalah berupa flash animasi atau cumulus, yaitu mini foto kita yang berputar-putar, seperti label blog yang dibuat flash animasi. Yang berputar-putar dan berhenti ketika cursor kita arahkan ke salah satu foto. Untuk lebih jelasnya, lihat saja widget flickr di bawah ini yang saya buat.

Roy Tanck's Flickr Widget requires Flash Player 9 or better.