13 Mei 2011

Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Sudah kita ketahui bersama kalau google masih search engine nomor satu. Sampai teman-teman ada yang berceloteh "Tanya atau cari saja di mbah Google". Google sitelinks itu adalah link blog atau website mendapatkan posisi yang istimewa di google saat pencarian suatu keyword. Mendapatkan tempat di halaman pertama dan ada di posisi teratas (nomor satu) dan disertai 2 kolom 4 baris link yang terkait. Untuk lebih jelasnya seperti ini. Ketika saya mengetik kata kunci "kompas" maka kompas.com ada di halaman pertama dan nomor satu, serta ada sitelinksnya yaitu link-link yang biasanya 2 kolom 4 baris. Seperti gambar di bawah ini.
Cara Mendapatkan Google Sitelinks

Salah satu kuncinya mendapatkan sitelink dari analisis diatas adalah, sitelinks bisa didapatkan karena kata kunci (keyword) itu sama dengan judul blog atau website dan domain urlnya. Tapi tentunya tidak itu saja, mari kita pelajari lebih mendalam bagaimana cara mendapatkan google sitelinks.

1. Harus menjadi nomor satu untuk kata kunci tertentu di Google
Sejauh yang saya lihat di Google Search Result, hanya sebuah situs yang mendapat Google Sitelinks, yaitu situs yang berada di urutan pertama untuk kata kunci tertentu. Untuk mendapat peringkat tinggi di search engine dapat digunakan teknik SEO, misalnya yaitu:
* Mengusahakan halaman lain memasang link ke halaman web atau blog kita.
* Membuat artikel yang original (bukan copy-paste) yang berkualitas.

2. Dalam hompage minimal ada 3 buah link
Mengutip pernyataan Google: we only display sitelinks when a site has a minimum of three sitelinks available.
Jadi sebuah halaman website yang didalamnya berisi sebuah animasi flash yang menawan dan hanya ada satu tombol untuk masuk atau login, tidak bisa mendapatkan sitelinks dari Google.

3. Link tersebut banyak di-klik pengunjung web atau blog kita
Mengutip pernyataan Google: We only show sitelinks for results when we think they’ll be useful to the user.
Kata “useful to the user” kita artikan bahwa pengujung yang datang ke homepage kita, banyak yang mengklik link tersebut. Link yang menjadi sitelinks adalah sub link dari blog atau website yang banyak diklik.

4. Relevan dengan kata yang dimasukkan pengunjung ke Google
Mengutip pernyataan Google: (If) we don’t think that the sitelinks for your site are relevant for the user’s query, we won’t show them.
Ini berarti link-link dalam sitelink, harus cocok dan relevan dengan kata kunci yang dimasukkan pengunjung.

5. Umur situs atau jumlah pengunjung?
Ada referensi yang menuliskan bahwa umur situs harus minimal 2 tahun untuk mendapatkan sitelinks, itu tidak benar, karena ada blog masih bayi, baru beberapa bulan tetapi sudah mendapatkan sitelinks. Kita perkirakan Google juga mempertimbangkan jumlah pengujung atau pageview. Point ke-5 ini berkaitan dengan point ke-1. Hampir bisa dipastikan, situs yang menjadi nomor 1 di Google untuk kata kunci yang umum akan mendapatkan pengunjung yang melimpah.

Artikel Terkait

Cara Mendapatkan Google Sitelinks
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email