Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Blog Terlihat Lebih Profesional

Sudah pada tahu kan, kalau blog itu kebanyakan milik personal atau pribadi. Sebagai media pribadi tentu saja tampilannya menjadi wewenang atau hak pribadi. Apa saja boleh ditulis, apa saja boleh dipasang. Tapi jika kamu ingin blogmu terlihat lebih profesional ada beberapa rambu-rambu yang bisa dipatuhi.

Kenapa harus terlihat profesional? Ini cuma pilihan saja, tapi selain profesional juga harus menunjukkan personal. Artinya dengan tampilan yang menarik, yang profesional dengan sentuhan personal akan memberikan kesan tersendiri pada pengunjung dan pembaca. Bisa jadi akan lebih diingat dan berlangganan dengan blog kita. Langsung saja, kita bahas tips ini:

Pilih warna blog yang sesuai
Warna adalah unsur yang pertama kali dilihat, sesuaikan warna blog dengan tema yang kebanyakan dibahas. Akan lebih pas jika blog cewek yang membahas masalah anak muda dengan tampilan pink. Sama juga dengan blog ini, yang membahas tutorial blog dengan warna hitam :D

Jangan pasang widget yang berlebihan
Selain bisa tambah berat, widget yang berlebihan jadi blog terasa penuh tidak bisa fokus. Jangan pasang widget yang tidak terlalu bermanfaat dan jelas, misalnya; jam, kalender, alamat IP, dan lain-lain. Pasang saja yang ada manfaatnya.

Jangan pasang banyak iklan
Seberapa besar pendapatan dari iklan yang dihitung berdasarkan klik? Saya sendiri tidak begitu yakin akan mampu menghidupi sebulan. Jangan pasang iklan yang berlebihan, apalagi minta untuk mengkliknya. :x

Jangan hanya copy paste
Memang enak tinggal copy lalu paste, tapi itu sama saja dengan merusak dirimu sendiri, citra yang buruk dan tidak menambah kemampuan. Boleh saja copy paste asal tidak sama persis atau keseluruhan, dan usahakan menyantumkan sumbernya.

Penulisan postingan yang rapi
Jangan menuliskan tulisan yang nyeleneh, misalnya 4laY, gunakan tanda baca yang tepat. Jika disertai gambar atau photo jangan pakai yang besar banget. Dibuat saja proporsional dengan tulisannya. Jika disertai link, periksa jangan sampai link itu rusak atau tidak bisa dibuka.

Atur tata letak dan lihat tampilan.
Atur widget-widget yang dipasang, sesuaikan warnanya dengan blog. Tampilan jumlah postingan di halaman utama tidak terlalu banyak, sesuaikan juga dengan sidebar yang ada seberapakah ke bawahnya. Lihat tampilannya dengan browser yang berbeda, misalkan : Firefox, Flock, Mozilla, IE, Opera, Safari.

Itulah beberapa tips agar blog kita bisa terlihat lebih prosefional, untuk memberi sentuhan personal bisa kamu pasang photo kamu di header, selain itu pasang salah satu widget dari sosial media lain, semisal twitter atau facebook. Jika kamu mau menambahkan atau berkomentar, tulis saja di kolom komentar di bawah ini! :)