9 Jul 2012

Label di Blogger dan Cara Mengoptimalkannya

memberi label
Saat menulis di blog untuk postingan, seringkan kita memberikannya label? Jadi sudah pada tahu, apa fungsinya lebel. Iya betul, fungsi label adalah untuk mengelompokan tulisan berdasarkan kriteria tertentu atau yang memiliki kesamaan topik (kategori). Dengan memberikan label pada postingan akan mempermudah pembaca untuk mengadakan penelusuran dan postingan terkait.

Label di blog yang berdomain di blogspot adalah pengelompokan berdasarkan hasil posting dengan ditandai label tertentu dan merupakan perintah pencarian atau search label. Tidak seperti fugsi kategori di wordpress, di label Blogger.com bukanlah pengelompokan dengan sistem direktori.

Seperti penjelasan di atas, bahwa label di Blogger hanyalah perintah pencarian (search label) sehingga url label sebenarnya merupakan perintah search. Contoh url-nya adalah:
http://kurniasepta.blogspot.com/search/label/search%20engine
Sehingga label di Blogger bukanlah link permanent atau permalink. Google search engine tidak memperhitungkan label sebagai link atau url yang sah untuk diindeks.

Susunan label yang ditampilkan di area postingan diurutkan berdasakan abjad. Tetapi Jika menggunakan menu/navigasi breadcrumbs label yang diambil adalah label yang paling terakhir.

Cara mengoptimalkan label untuk navigasi dan SEO
  • Manfaatkan label sebagai menu navigasi berdasarkan kelompok atau kategori posting. Caranya bisa dengan menambahkan widget label dengan berbagai bentuk, bisa berbentuk list, dropdown, could tag, ataupun juga flash animasi. Kita juga bisa memfaatkan label untuk menu horizontal di header. Pemnafaatan tersebut dapat membantu pengunjung atau pembaca blog mencari postingan yang diinginkan sesuai kelompok atau kategori tertentu.
  • Label di Blogger bukan url yang sebenarnya atau bukan permalink, untuk SEO. Maka sebaiknya label jangan diikutsertakan sebagai link yang harus diindeks search engine. Caranya adalah dengan membuat link label bersifat nofollow. Jika kita menambahkan link label secara manual di bagian isi postingan atau sebagai menu navigasi tambahan, bubuhkan fungsi rel=nofollow. Contoh:

    <a href="http://kurniasepta.blogspot.com/search/label/Galeri%20Widget" rel="nofollow">Widget</a>
  • Jangan terlalu banyak membubuhkan label pada suatu postingan, agar tidak membingungkan pengunjung atau pembaca blog. Usahakan tidak lebih dari 4 label yang digunakan untuk mengkategorikan suatu postingan. Selain itu agar label yang kita ingin optimalkan bisa muncul di breadcrumbs.

Artikel Terkait

Label di Blogger dan Cara Mengoptimalkannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email