Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Membuat Recent Post Blog Model News Ticker

Membuat Recent Post Blog Model News Ticker
Recent post adalah tulisan-tulisan terbaru dari blog kita, untuk menampilkan recent post menggunakan RSS. Setiap blog hampir memiliki RSS yang memungkinkan orang untuk melihat atau berlangganan tulisan terbaru. Umpan URL RSS itulah bisa juga dimanfaatkan untuk widget recent post di blog kita sendiri.

Recent post yang akan kita buat adalah model headline, atau news ticker yang biasanya seperti kita lihat di tv berita (tvOne) Atau portal-portal berita. Dengan membuat recent post model seperti itu akan menarik pengunjung mengklik dan membaca post/tulisan terbaru kita. Selain itu membuat recent post dengan bergaya headline news juga bisa lebih menghemat tempat. Contohnya bisa dilihat di sini.


Untuk membuat recent post bergaya model news stiker ini sangat mudah. Caranya adalah dengan memanfaatkan website RSSpump.com yang menyediakan generate widget tersebut. Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi http://www.rsspump.com/default.aspx
  2. Pada kolom pertama, masukan URL RSS Feed blog kita, pastikan itu adalah URL Feed, jika kita menggunakan blogspot, URL Feed yang seperti ini http://kurniasepta.blogspot.com/feeds/posts/default adalah berbentuk atom. Untuk itu kita bisa membuat RSS Feed blog kita yang baru dengan Feedburner, sehingga punya RSS Feed baru seperti ini http://feeds.feedburner.com/BelajarNgeblogDiBlogKurniaSepta
  3. Kita bisa menyetting tampilan dan fungsi, ada pilihan model tampilan, warna dan ukuran teks, jumlah yang ditampilkan. Lalu juga time untuk menunjukan waktu, title untuk juga menampilkan judul blog, memberi garis bawah, tebal, membuka tautan di tab baru. Tidak usah centang share widget biar tetap terlihat bagus.
  4. Lihat preview, jika sudah cocok dan dicoba diklik sesuai dengan halaman yang terbuka sesuai dengan judul link kita bisa copy paste kodenya untuk ditambahkan di blog kita.
  5. Untuk menambahkan ke blog, login ke blogger.com lalu pilih tata letak, tambahkan widget/gadget HTML/Java Script. Paste kode yang sudah dicopy tersebut di sana. Coba lihat hasilnya.
Semoga berhasil dan bermanfaat, jangan lupa untuk terus mengikuti Belajar Ngeblog di BLOG, bisa lewat email, facebook, twitter dan lain sebagainya. Selalu ada yang baru setiap minggunya, happy blogging :D