Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menampilkan Avatar Profil di Google Search Engine

Saat melakukan pencarian di google search engine selain menemukan deretan hasil pencarian ada keyword, ada gambar avatar di bawah judul hasil pencarian tersebut? Contohnya, saat saya mencari di google search engine dengan kata kunci "belajar ngeblog", hasil pencariannya seperti ini. Ada avatar profil si pemilik blog.


Lalu bagaimana cara supaya avatar kita bisa tampil di hasil pencarian search engine? Ada beberapa cara yang bisa digunakan, supaya itu bisa terjadi. Dengan hasil pencarian yang disertai dengan avatar penulis web atau blog itu tentunya selain bagus untuk personal branding, juga menarik pencari untuk mengklik atau melihat blog kita.

Cara Menampilkan Avatar Profil di Google Search Engine

Cara 1 : Beralih dari Profil Blogger ke Google + (Plus). Jika kamu sudah beralih dari profil blogger ke profil google+, langkah ini tidak perlu dilakukan. Tetapi jika belum beralih, kamu dapat beralih ke profil google+ untuk mengubahnya bisa lewat halaman ini http://www.blogger.com/switch-profile.g. Jangan lupa untuk menambahkan blogmu di akun profil google+. Edit profil google+, gulir ke bawah tambahkan di Kontributor Untuk, dan masukkan nama dan URL blog, lalu simpan.

Cara 2: Menambahkan Link Google+ ke Template Blogger. Cara ini adalah memberitahu Google kalau kita adalah pemilik atau penulis blog yang kita kelola sekarang.Untuk itu kita harus menambahkan link profil Google+ ke dalam template, caranya adalah dengan menambahkan kode <link href='https://plus.google.com/101962472174769798748' rel='author'/> di atas <head>. Jangan lupa mengganti kode yang berwarna merah dengan id profil Google+ milikmu sendiri.


Cara 3: Menambah Widget Profil atau Bagde Google+. Blogger atau blogspot sudah menyediakan widget untuk menampilkan profil atau lencana (badge) profil google+ yang akan mengarahkan ke halaman profil di google+. Memang blogspot saat ini sudah menyatu / terintegrasi dengan google+.


Cek Hasilnya di Rich Snippets Testing Tool
Setelah beberapa cara untuk menampilkan avatar profil di google search engine sudah diterapkan saatnya untuk mengecek hasilnya. Untuk melihat hasil penerapan menampilkan avatar profil ini bisa memanfaatkan Rich Snippets Testing Tool. Kita tinggal memasukan salah satu URL laman post. Lalu klik preview untuk melihat hasilnya. Untuk diketahui, untuk hasil sebenarnya butuh waktu beberapa hari hingga Google search engine untuk merayapi blog kita dan Google menampilkan foto kerenmu :D