Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menampilkan Rating Bintang Blog di Google

Pernahkan saat melakuakn suatu keyword di google, dari hasil pencarian itu kita menemukan rating bintang berwarna kuning? Blog milikmu juga bisa menampilkan rating bintang, jika postmu masuk salah satu hasil pencarian di google. Tentu dengan menampilkan rating, akan bisa sedikit menarik si pencari untuk melihat blog kita. Bisa juga karena seperti direkomendasikan, karena mendapat rating bintang.

Untuk bisa menampilkan rating, sebelumnya kita harus punya akun google+, pasti semua sudah punya kan? Kalau sudah punya google+, kita harus memasukan blog kita, yaitu dengan menambahkan URL blog di profil google+ kita. Caranya seperti dengan menampilkan avatar profil di hasil pencarian google, coba baca saja dulu.

Cara Menampilkan Rating Bintang Blog di Google
1. Login ke akun blogger.com
2. Pilih Template kemudian Edit HTML
3. Jangan lupa centang Expand Template Widget
4. Cari kode <b:skin><![CDATA[/* lalu taruh kode berikut di atasnya:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/110332185708805450379' rel='publisher'/>
</b:if>

5. Jangan lupa mengganti kode yang berwarna merah dengan id profil google+ milikmu sendiri.
6. Cari kode <body> lalu taruh kode berikut di bawahnya

<div><div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>

7. Tambahkan </div></div> sebelum tag penutup </body>
8. Cari kode <data:post.body/>. Jika blog kita memasang readmore otomatis, maka kita akan menemukan 2 kode tersebut, pilih kode yang ke-2. Lalu taruh kode berikut di bawahnya:

Description: <span itemprop="description"><data:post.title/></span>
Rating: <span itemprop='rating'>4.5</span>
Reviewer: <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span> -
ItemReviewed: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>

9. Simpan Template jika sudah selesai.

JIka kita juga membuat blog bisa menampilkan avatar profil google+ di hasil pencarian, dan juga membuat bisa menampilkan rating blog. Keduanya bisa jadi muncul bersamaan, jadi rating bintang di atas dan avatarnya di bawah. Kamu yang menguji hasil praktek di atas, akan seperti apakah blog kita di hasil pencarian google, kamu bisa mencobanya di sini, lalu masukan URL salah satu post blogmu.