Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Trik dan Tips SEO Ampuh Untuk Blog Tumblr

Trik dan Tips SEO Ampuh Untuk Blog Tumblr
Tumblr memang tidah terlalu ramah dengan Search Engine Optimization (SEO), meskipun demikian kita bisa tetap mengoptimalkan SEO blog tumblr. Sebagai platform blogging yang saat ini populer, kita bisa mengedit theme atau HTML blog Tumblr. Inilah yang kita manfaatkan untuk untuk SEO tumblr, yaitu dengan menambah kode di theme blog Tumblr.

Langsung saja, kita bahas trik dan tips ampuh untuk menjadikan blog di tumblr menjadi lebih SEO ramah dengan search engine, seperti Google, Bing dan Yahoo dengan custum theme. Simak trik dan tips SEO berikut ini:

1. Menganti judul blog dengan judul post
Post di Tumblr dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu; teks, photo, quote, chat, link, audio, dan video. Tidak semua post memberikan kolom judul, sehingga jika permalinknya dibuka yang muncul adalah judul blog. Ini membuat blog sedikit kata kunci yang dirambahi search engine. Untuk itulah, perlu menganti judul blog dengan judul post. Caranya adalah dengan mengganti kode <title>  yang ada di head tag dengan kode berikut:

<title>{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}</title>


2. Menjadikan tag sebagai kata kunci
Sama seperti di platform lain, seperti Bogger dan Wordpress, di Tumblr juga ada pilihan untuk memberikan tag saat post. Tag ini bisa dimanfaatkan menjadi meta keyword. Caranya adalah dengan menambahkan meta tag keyword berikut ini:

<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” />

3. Menambahkan meta tag title dan description
Tambahkan kode meta tag title dan description berikut ini di theme blog Tumblr:

<meta name=”title” content=”{block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” />
<meta name=”description” content=”{MetaDescription}” />

4. Gunakan tag <h1> untuk judul
Menggunakan tag <h1> pada judul post atau blog bisa membuat blog tumblr bisa menjadi lebih baik di posisi hasil pencarian search engine. Caranya adalah dengan cari kode {block:Title} dan ganti dengan kode berikut:

{block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title}

5. Daftarkan sitemap ke Google Webmaster Tools
Tumblr mimiliki Sitemap XML yaitu http://yourname.tumblr.com/sitemap.xml. Fungsi dari sitemap adalah untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan post yang ada dalam sebuah blog. Daftarkan atau submit sitemap blog tumblr kita ke Google Webmaster Tools.

6. Pasang tombol berbagi ke bookmark dan sosial media
Dengan memasang button atau tombol berbagi pengunjung atau kita sendiri akan lebih mudah membagikan (share) post yang telah dibuat ke sosial media seperti twitter, facebook, google+ dan sebagainya, atau sosial bookmark. Blog tumblr dapat terbaca oleh search engine menambah backlink.

Itulah trik dan tips yang bisa diterapkan bagi kamu blogger Tumblr agar blogmu lebih SEO, lebih populer di mata search engine. Yang terpenting selalu post konten yang menarik dan bermanfaat dan share ke twitter, facebok dan lain-lain. Jangan lupa, follow blog tumblr yang satu ini ya,,, http://kurniasepta.tumblr.com :)