Tips Ngeblog untuk Pemula dan Mahir

Masih tetap konsisten membicarakan blog. Tetapi di postingan kali ini tidak akan membahas bagaimana membuat atau memasang sesuatu di blog, melainkan lebih memberikan tips ngeblog untuk kembali bersemangat dalam ngeblog. Bukan itu saja, lebih dari itu untuk kembali meraba-raba motivasi kita dalam ngelog.

Sudah berapa lama kenal blog dan ngeblog? Ada yang baru mengenal, ada juga yang sudah bertahun-tahun mengenal blog. Seperti yang sudah sering kita dengar, membuat blog itu mudah, orang yang bisa menulis, bercerita bisa membuat blog. Ingat, konten adalah raja, sehingga tulisan yang diposting ke blog kita itulah yang utama. Tampilan dan mesin blog menjadi nomor 2.

Di zaman, jejaring sosial semakin populer, seperti facebook dan twitter apakah blog menjadi tersisihkan? Tidak. Blog tetap mempunyai peran yang tidak dimiliki oleh jejaring sosial tersebut. Blog menjadi tempat berekspresi yang juga memiliki nilai. Dengan ngeblog kita bisa menuangkan ide, perasaan dan pendapat, dengan ngeblog juga kita bisa berlatih menulis dengan gaya kita sendiri. Bukan hanya itu, blog bisa menjadi tempat pencitraan atau personal brand. Kita akan identik dengan apa yang kita posting di blog.

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Tentu bisa. Karena memang sudah banyak yang mengalaminya. Berkat ngeblog, orang bisa mendapatkan job review, bisa diundang seminar, bisa mendapatkan hadiah ketika ikut lomba blog. Ada berbagai cara bagaimana blogger bisa mendapatkan uang dari ngeblog, tidak hanya dari iklan. Yang terpenting adalah keseriusan dan kecintaan, seperti layaknya hobi dan uang akan mengikutinya sendiri.

Sebenarnya di postingan ini, saya mau berbagi atau mengutip tulisan dari penulis blog naked-traveler.com, yaitu seorang perempuan yang memiliki hobi jalan-jalan, dan menuliskan cerita dan pengalamannya di  blog. Tulisa-tulisan tentang travelernya sudah banyak yang dijadikan buku, semua berawal dari blog. Apa saja tips ngeblog darinya? Berikut adalah tips blogger:

Niche content – Karena saat ini blog sudah banyak banget berseliweran di dunia maya, maka Anda perlu memikirkan tema yang spesifik dan unik. Contohnya blog tentang traveling, bisa dibikin lebih fokus lagi ke wisata kuliner, menyelam, atau wisata sejarah. Boleh saja blog Anda berisi diary tentang kehidupan sehari-hari, tapi kalau Anda menulisnya biasa saja (nggak lucu), siapa yang melirik kecuali teman-teman Anda sendiri? Ingat, pilihlah tema yang benar-benar Anda kuasai, sehingga Anda juga enak dalam menulis dan tidak bosan berbagi.

WIIFM – Ini singkatan dari “What’s In It For Me?”. Artinya, bikin blog jangan hanya untuk memuaskan diri sendiri, tapi juga harus menempatkan diri sebagai pembaca. Ngapain baca blog orang kalau isinya tidak ada gunanya bagi kita sebagai pembaca, bukan?

Nama domain yang eye catching dan ear catching – Kecuali nama keluarga Anda Onasis atau Hilton, sebaiknya saat ini jangan menggunakan nama pribadi sebagai alamat domain blog Anda. Pikirkan sesuatu nama yang mudah diingat dan enak didengar, yang lucu atau menarik, yang sesuai dengan tema yang akan diusung, tapi jangan kepanjangan sehingga susah diingat.

Tampilan memikat – Memikat bukan berarti canggih, tapi user friendly. Warna dasar jangan yang mencolok, apalagi menggunakan font yang warnanya tidak kontras dengan warna dasar. Duh, pusing bacanya! Sebaiknya tidak pakai flash atau musik, karena berat bukanya dan bikin kaget.

Konsisten – Segalanya harus konsisten, baik dalam gaya bahasa, font, warna, gambar, maupun jumlah kata. Yang paling berat adalah konsisten dalam mem-posting. Menulis blog terus menerus membutuhkan waktu dan tenaga khusus. Jangan sampai blog lama kosongnya, karena akan ditinggalkan pembaca. Pengalaman saya sih maksimal seminggu sekali.

Taut dengan akun social media – Taruhlah link akun social media Anda dan alamat email di blog agar pembaca dapat berhubungan dengan Anda. Sebaliknya, setiap Anda mem-posting blog, taruhlah link tersebut di akun social media Anda sehingga traffic blog akan semakin tinggi.

Itulah tadi tips ngeblog untuk pemula, ataupun juga mahir yang mulai hilang gairah ngeblognya. Yaitu memilih tema atau konten yang unik, domain blog yang mudah dingat dan enak didengar. Kalau saya boleh tambahkan adalah gunakan username yang sudah terpakai di seluruh jejaring sosial yang lain, semisal punya saya (kurniasepta) ada di twitter, facebook, dan lain-lain. Gunakan blog dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Lalu konsistenlah dalam mengupdate blog dan integrasikan blog dengan sosial media yang lain.



Enter your email address:

Baca juga pelajaran ngeblog lainnya