25 Jul 2012

Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools

Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
Beberapa hari ini dipenuhi dengan berita tentang fitur-fitur baru dari Blogger.com atau blogspot. Mulai dari setting permalink, menambahkan meta description yang semuanya bermanfaat untuk mengoptimalkan blog. Tahu nggak? Ada juga yang baru dari Blogger.com atau blogspot, yaitu format sitemap XML telah hadir di Blogger.

Sitemap yang dimaksud adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine, bukan sitemap bagi pengunjung blog yang biasanya berupa daftar isi. Fitur ini sangat bermanfaat bagi SEO.

Blogger telah menambahkan Sitemap XML, sitemap dengan format yang sangat mudah untuk dibaca oleh search engine untuk melengkapi proses pengindeks-an. Fungsi dari sitemap adalah untuk memberikan informasi kepada search engine mengenai seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah blog. Karena akan sangat mungkin search engine luput mengindeks beberapa halaman karena tidak ada link yang diikuti.

Karena sitemap langsung disimpan dalam root directory, sama seperti robots.txt, maka untuk mengakses sitemap cukup menggunakan url blog ditambah dengan nama dan format file sitemap, yaitu: sitemap.xml. Jadi untuk mengeceknya, silahkan lihat sitemap blog kamu dengan url:

http://namablogmu.blogspot.com/sitemap.xml

Untuk langsung mengoptimalkannya fitur baru ini, silahkan langsung daftarkan sitemap tersebut ke Google Webmaster Tools kamu. Berikut cara mendaftarkan sitemap di Google Webmaster Tools:
1. Login ke Google Webmaster Tools
2. Pilih blog yang akan diedit.
Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
3. Di dasbor pada google Alat Webmaster, lihat kolom bagian kiri pada klik Pengoptimalan > Peta Situs.
Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
4. Setelah masuk di halaman daftar sitemap (Peta Situs), klik tombol merah di kanan atas bertuliskan "Tambahkan/Uji Peta Situs".
Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
5. Isikan bagian akhir url halaman sitemap (nama file) > sitemap.xml
6. Terakhir klik "Mengirim Peta Situs".

Setelah sitemap didaftarkan, daftar di bawah akan terisi daftar sitemap baru, dengan beberapa informasi mengenai jenis sitemap, status (biasanya "Tertunda" untuk beberapa waktu hingga pengumpulan indeks selesai), dan jumlah url yang telah terdaftar.

Artikel Terkait

Daftarkan Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email